Lembaga Penjaminan Mutu Internal

Pedoman Mutu

Pedoman Mutu

Pendahuluan

Pedoman Mutu ini merupakan pedoman untuk mengetahui gambaran dasar sistem manajemen mutu yang diterapkan di lingkup STMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati. Selain sebagai pedoman, Pedoman Mutu juga berfungsi sebagai informasi bagi Mahasiswa dan Perusahaan selaku pengguna lulusan, serta pihak–pihak lain yang berkepentingan dengan STMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati, sehingga mempunyai gambaran yang sama dalam mendukung pencapaian sasaran mutu dalam realisasi peningkatan kinerja dan mutu jasanya.

Terkait dengan pihak-pihak di luar STMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati, Pedoman Mutu akan memberikan sajian yang informatif dalam melihat dan menilai kebijakan, komitmen serta sistem manajemen mutu yang diterapkan oleh pihak pengelola kampus.

Secara garis besar Pedoman Mutu STMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati berisi  :
  1. Penjelasan mengenai profil organisasi;
  2. Penjelasan lingkup penerapan sistem manajemen mutu;
  3. Penjelasan mengenai persyaratan SMM (Standar Manajemen Mutu) yang diterapkan berdasarkan ISO 9001:2015 dan disesuaikan dengan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI)-Dikti;
  4. Penjelasan mengenai dokumentasi sistem manajemen mutu yang diterapkan;
  5. Gambaran dan interaksi dari proses-proses dalam sistem manajemen mutu yang diterapkan.

Profil Organisasi

Aturan yang jelas tentang tugas dan kewenangan dari masing–masing jabatan pada STMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati ditempatkan sebagian dalam dokumen Pedoman Organisasi dan Tata Kelola. Dokumen tersebut menjelaskan secara detail tugas masing–masing jabatan, beserta kualifikasi yang dibutuhkan dalam jabatan tersebut.

Penanggungjawab manajemen mutu dalam STMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati adalah Ketua Lembaga Penjaminan Mutu Internal (LPMI) sebagai Wakil Manajemen Mutu (WMM) dalam standar manajemen mutu ISO 9001.

Sistem Manajemen Mutu

Sistem manajemen mutu berawal dari Diagram Proses Pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi, yang merupakan diagram yang menggambarkan keterkaitan serta interaksi antar proses–proses yang ada. Proses-proses terkait tersebut adalah proses pendidikan, penelitian dan pengabdian di dalam STMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati. Diagram Proses Pelaksanaan Tri Darma disampaikan pada lampiran Pedoman Mutu.

Langkah berikutnya adalah penetapan pembuatan Rencana Mutu, yang dibuat dan diterapkan setiap tahunnya berupa dokumen Rencana Kerja Tahunan.

Dokumentasi Sistem Manajemen Mutu adalah sebagai berikut.
A. Dokumen Internal
    Tingkat I - Pedoman Mutu
    Tingkat II - Prosedur Mutu dan Diagram Alir
    TIngkat III - Formulir Mutu
B. Dokumen Eksternal
    Dokumen yang berasal dari luar STMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati dikenal dengan dokumen eksternal. Dokumen tersebut digunakan sebagai acuan kerja atau sebagai referensi dalam membuat dokumen internal.

Proses penting lain yang ber-relasi dengan dokumen adalah tentang pengendalian dokumen, ditetapkan secara khusus pada Prosedur Pengendalian Dokumen.

Tanggungjawab Manajemen

Pihak Manajemen, dalam hal ini adalah pengelola STMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati bertanggungjawab terhadap seluruh pelaksanaan kegiatan pendidikan tinggi. Pelaksanaan kegiatan berawal dari penetapan Visi, Misi dan Strategi dari institusi, yaitu perguruan tinggi, selanjutnya dikembangkan menjadi Visi, Misi dan Strategi dari masing-masing Program Studi.

Keberlangsungan pelaksanaan Visi, Misi dan Strategi tersebut diukur setiap tahunnya melalui proses Audit Mutu Internal, dilanjutkan dengan pelaksanaan kegiatan Rapat Tinjauan Manajemen. Hasil akhir dari proses tersebut adalah Laporan Tinjauan Manajemen, dipergunakan sebagai dasar untuk penyusunan Rencana Strategis (Renstra) untuk masa kerja lima tahun dan Rencana Kerja Tahunan (RKT) yang menjadi rincian kerja setiap tahunnya.

Manajemen Pendidikan Tinggi

Pada bagian ini Pedoman Mutu menyampaikan tentang detail realisasi kegiatan manajemen pendidikan tinggi. Seluruh lingkup kegiatan Tri Darma disampaikan, mulai dari Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.
  1. Realisasi Pengajaran
    • Penerimaan Mahasiswa Baru
    • Registrasi dan Matrikulasi
    • Perwalian dan Penyusunan Rencana Studi
    • Perkuliahan
    • Praktek dan Praktikum
    • Kepustakaan
    • Evaluasi Kelulusan
    • Pengembangan Kurikulum
  2. Realisasi Penelitian
    • Penelitian Internal
    • Penelitian Eksternal
    • Penelitian Personal
  3. Realisasi Pengabdian kepada Masyarakat
ppkia-baru-15x15.png
Jam Kerja :
Senin s/d Jumat : 08.00 - 21.00
Sabtu : 08.00 - 14.30

A Jl. Yos Sudarso 8 Tarakan 77111 - Kalimantan Utara
E lpmi@ppkia.ac.id
P (0551) 33758
Copyright © 2024 Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Search

+880 322448500 Beverly Boulevard Los Angeles